Rainbow Pinwheel Pointer

Selasa, 03 Januari 2017

Tutorial Tentang Definisi SSL-Secure Socket Layer

SSL (Secured Socket Layer) adalah sebuah teknologi enkripsi (persandian) yang dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1994 untuk mengamankan HTTP (menjaga pengiriman data antara web server (situs) dengan pengunjungnya. Ada beberapa versi SSL, versi 2 dan versi 3, tetapi versi 3 paling banyak digunakan saat ini. Saat kita mengakses situs yang terenkripsi SSL kita bisa merasa lebih aman dalam mengirimkan data sensitif ke situs tersebut.

Apabila Anda mempunyai situs misalnya untuk bisnis online, untuk mengaktifkan SSL pada situs tersebut, anda perlu memasang sertifikat SSL yang sesuai dengan server dan situs anda. Saat seorang pengunjung mengakses situs yang terenksripsi SSL biasanya bisa dilihat dari indikator/ikon gembok pada browser atau juga alamat situs yang diakses diindikasikan dengan warna hijau pada baris alamat browser. Setelah SSL terpasang, anda bisa mengakses situs anda secara aman dengan mengganti URL yang sebelumnya misalnya http://www.namadomainanda.commenjadi https://www.namadomainanda.com.

Apa itu CA (Certificate Authority)
Certificate Authority (CA) adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital (SSL) kepada perusahaan, lembaga atau individu lain setelah melalui proses verifikasi. CA harus menyimpan informasi tentang apa yang sudah diterbitkan dan informasi apa yang digunakan untuk menerbitkannya, dan secara rutin diaudit untuk memastikan semuanya sudah sesuai prosedur. Setiap CA memiliki Certification Practice Statement (CPS) yang berisi prosedur yang harus dijalankan dalam memverifikasi setiap permohonan sertifikat yang masuk. Saat ini dikenal beberapa CA, diantaranya adalah Verisign yang sekarang diakuisisi oleh Symantec Corp, Comodo, Entrust, GlobalSign dan lain sebagainya.

Beginners Guide to Digital SSL Certificates 
Informasi lebih lanjut mengenai dasar-dasar keamanan website, terutama yang berhubungan dengan SSL Certificates, dapat anda temukan dalam majalah Beginners Guide to Digital SSL Certificates dariVerisign -  Symantec Corp yang bisa Anda dapatkan secara legal dan gratis dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka halaman registrasi majalah  Beginners Guide to Digital SSL Certificates 
  2. Isi Form yang tersedia dengan data-data yang diminta. Contoh pengisisan Form seperti pada gambar dibawah (klik untuk memperbesar) :

    form request-isian data
  3. Pastikan alamat email Anda valid, karena majalah digital akan dikirim lewat email tersebut.
  4. Masukkan kode captcha pada bagian bawah dan klik tombol “Download” seperti pada gambar berikut:

    form request-download
  5. Jika halaman “thank you” sudah muncul, tandanya pendaftaran anda sudah diterima dan majalah digital tersebut telah dikirimkan ke email anda.
Bagi anda yang sudah berhasil terdaftar, maka anda akan secara otomatis akan mendapatkan majalah digital gratis lainnya dari VeriSign Authentication Services. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar