Rainbow Pinwheel Pointer

Minggu, 18 Desember 2016

Tutorial Cara Install Linux Mint 18

Cara Install Linux Mint 18 cukup mudah dan hampir sama seperti menginstall distribusi GNU/Linux yang lain. Linux Mint merupakan salah satu distribusi yang berasal dari ubuntu. Linux Mint cocok digunakan untuk kamu yang baru dan ingin belajar mengenal GNU/Linux.
Pada 30 Juni 2016, Linux Mint resmi merilis versi terbarunya yaitu versi 18 dengan codename “Sarah“. Linux Mint 18 merupakan versi long term support (LTS) yang akan didukung hingga tahun 2021. Linux Mint 18 sendiri datang dengan perangkat lunak yang lebih baru dan fitur-fitur baru yang membuat desktop kamu lebih nyaman untuk digunakan.
Komponen Utama :
1.     Cinnamon 3.0
2.     MDM 2.0
3.     Linux kernel 4.4
4.     Ubuntu 16.04 package base.
Persiapan Install Linux Mint 18
Hingga saat artikel ini dibuat, Linux Mint baru merelease versi cinnamon. Dengan cinnamon 3.0 yang membuat dekstop lebih cantik, berikut adalah spesifikasi minimal yang dapat dipasangkan sistem operasi Linux Mint 18 :
·         RAM : 512 MB (1 GB disarankan)
·         Ruang Penyimpanan : 9 GB ( 20 GB disarankan)
·         Resolusi Layar: 1024×768
Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :
·         File ISO Linux Mint 18.
·         Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
·         Komputer atau Laptop dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
·         Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.
untuk mengunduh file iso Linux Mint 18, kamu dapat mengunduh dihalaman web resmi Linux Mint.
Pra instalasi
Fitur yang bermanfaat pada sistem operasi GNU/Linux adalah fitur live cd, dengan fitur ini kamu dapat melihat-lihat tampilan sistem operasi yang akan diinstall. Pada Linux Mint 18, kamu akan langsung diarahkan ke dekstopnya untuk mencoba fitur live cd terlebih dahulu, Untuk menginstall pilih icon CD pada desktop dengan title “install linux mint“.
Instalasi Linux Mint 18
Tahap pertama, kamu harus mementukan bahasa apa yang akan dipakai pada saat menginstall sistem, pada dasarnya bahasa yang dipakai adalah bahasa inggris.
Tahap kedua, kamu akan disuguhkan pilihan apakah akan menginstall perangkat lunak tambahan atau tidak, jika memang tidak ada koneksi internet tidak dilakukan juga tidak masalah.
Catatan : Disarankan tidak melakukan instalasi perangkat lunak tambahan, apabila ditengah proses instalasi koneksi internet terputus akan menimbulkan masalah. Install perangkat lunak tambahan sesudah melakukan instalasi sistem saja.
Tahap ketiga adalah memilih tipe instalasi, disarankan dibantu dengan yang sudah berpengalaman. Ada banyak tipe instalasi. biasanya menggunakan pilihan something else untuk melakukan dual booting.
Tahap keempat adalah pembuatan partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis instalasi sistem operasi, disarankan didampingi orang yang berpengalaman.
Pada sistem operasi GNU/Linux, disarankan membuat 3 partisi yang berbeda yaitu partisi sistem, partisi data, dan partisi swap. untuk memahami ketiga partisi ini. baca juga artikel berikut :
·         Install Linux Mint 17
Jika sudah yakin pilih install now.
Tahap kelima adalah memilih lokasi kamu berada.
Tahap keenam adalah menentukan jenis keyboard yang dipakai, sebaiknya diabaikan saja dan menggunakan standar jenis keyboard english (US).
Tahap ketujuh adalah mengisi informasi tentang user, isikan nama pengguna dan juga password. Untuk password sendiri jangan dikosongkan, hal ini nantinya akan diperlukan pada saat penginstalan aplikasi atau update sistem yang membutuhkan hak akses dan dimintai password.
Terakhir adalah menunggu proses instalasi berjalan sambil menikmati tampilan splash screen instalasi. jika sudah restart komputer dan nikmati sistem operasi Linux Mint 18.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar