Rainbow Pinwheel Pointer

Senin, 19 Desember 2016

Tutorial Install CentOS 7

Install CentOS 7 cukup mudah, CentOS yang merupakan singkatan dari Community Enterprise Operating System adalah salah satu distribusi GNU/Linux yang berasal dari source code Red Hat yang dikembangkan oleh CentOS Project. 
CentOS merupakan sistem operasi yang banyak digunakan sebagai server. Selain karena CentOS berasal dari Red Hat juga karena dukungan dari komunitas yang baik. tapi juga dimungkinkan sistem operasi ini digunakan sebagai desktop. CentOS menggunakan sistem manajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) sama seperti Red Hat ataupun Fedora.
Persiapan Install CentOS
Sebelum melakukan instalasi, ada baiknya menyiapakan beberapa hal yang dibutuhkan. Yang harus dipersiapkan antara lain :
·         File ISO CentOS 7.
·         Media Bootable seperti DVD ataupun USB Flashdrive.
·         Komputer atau Laptop.
·         Melakukan Backup terhadap data yang dianggap penting.
Untuk mendapatkan file iso sistem operasi CentOS, kamu dapat mengunduh di halaman web resmiCentOS Project. ada 3 pilihan yaitu DVD ISO, Everything ISO, dan Minimal ISO. Untuk perbedaannya bisa dibaca disini. Penulis menggunakan tipe Everything ISO pada tutorial ini.
Instalasi CentOS
Pada ISO yang saya gunakan, tidak ada fitur livecd, jadi langsung saja kita lakukan instalasi. Sebelum instalasi sistem akan otomatis menjalankan checking pada media instalasi. Kamu dapat melewatinya dengan menekan tombol escape.
Instalasi CentOS7
Tahap pertama adalah kamu harus memilih bahasa apa yang akan dipakai untuk melakukan instalasi. Bahasa bawaannya adalah bahasa inggris.
pemilihan bahasa
Menu Utama
menu utama instalasi
Sesudah memilih bahasa, kamu akan diarahkan ke menu utama instalasi. Dari menu utama inilah kamu bisa mengkonfigurasi keyboard, waktu dan tanggal, security policy, paket perangkat lunak yang akan diinstall, melakukan partisi, dan mengkonfigurasi jaringan.


-Tahap kedua adalah mengkonfigurasi waktu dan tanggal. Dari menu utama pilih Date & Time. pilih sesuai lokasi kamu lalu klik done pada sisi kiri atas. Untuk konfigurasi keyboard biarkan saja bawaan sistem.
pengaturan waktu dan tanggal


-Tahap ketiga adalah mengkonfigurasi security policy, nonaktifkan saja security policynya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang security policy ini, kunjungi halaman dokumentasi redhat.
security policy


-Tahap keempat adalah menentukan perangkat lunak apa saja yang akan diinstall di sistem. Dari menu utama pilih software selection. Kamu dapat memilih tipe instalasi seperti minimal install tanpa GUI atau menggunakan Desktop Environment. Penulis menggunakan Gnome Desktop karena akan digunakan untuk keperluan sehari-hari penulis.
pemilihan software

-Tahap kelima adalah melakukan partisi,  dari menu utama pilih installation destination. lalu kamu diharuskan memilih media penyimpanan untuk sistem. Pada other storage options ada dua pilihan apakah akan mengkonfigurasi partisi secara manual atau dari sistem, penulis memilih manual.
pemilihan media penyimpanan
Setelah itu kamu harus memilih tipe partisi, penulis memilih standard partition.

-tipe partisi
Untuk mulai membuat partisi, klik tombol plus di kiri bawah lalu buat 3 partisi yaitu partisi system, home, dan swap.  Jika sudah selesai klik done.

-membuat partisipartisi
Lalu mulai melakukan instalasi dengan memilih begin instalation, lalu kamu akan dibawa ke user settingsuntuk mengkonfigurasi root password dan membuat user baru. Setelah itu tunggu hingga proses instalasi selesai.

-konfigurasi user menumembuat password rootmembuat user
Saat instalasi selesai, sistem meminta reboot, lakukan reboot dan jangan lupa melepas media instalasinya ya. Setelah reboot sistem meminta setup. Kamu hanya perlu menyetujui Licence Agreement lalu klikfinishing configuration.initial setup


Tidak ada komentar:

Posting Komentar